Senin, 30 Mei 2011

Mengenang 30 tahun meninggalnya Bob Marley

ImagePuluhan foto musisi reggae ternama Bob Marley yang belum pernah diedarkan dirilis bertepatan dengan peringatan 30 tahun meninggalnya Marley, demikian dilansir dari BBC, Senin (16/5/2011).
Foto-foto lawas itu hasil bidikan fotografer Kim Gottlieb-Walker selama mengikuti karir Marley sejak 1970-an. Foto itu dimasukan dibuku Kim yang baru saja dirilis. Foto dibuku itu lebih menunjukan sosok Marley secara personal. Bukan penampilannya di atas panggung.
Kim menuturkan alasan kenapa dia baru menunjukan foto langka Marley itu. “Ini adalah kesempatan pertama saya memiliki waktu untuk memeriksa arsip foto saya,” ujarnya.
Menurutnya, ketika melihat negatif foto Marley, dia menyadari sudah menemukan harta karun.
Beberapa foto karya Kim menampilkan pelantun tembang ‘No Woman No Cry’ itu bertelanjang dada, mengenakan celana jeans dengan wajah sendu. Lalu ada foto Marley santai menghisap mariyuana.
Sementara, 11 Mei lalu, di Grammy Museum di Los Angeles, dipamerkan koleksi pribadi Bob Marley, mulai dari foto hingga benda peninggalan sang raja reggae itu. Pameran ini juga sebagai peringatan 30 tahun meninggalnya Marley, 11 Mei 1981, di usia 36 tahun akibat kanker.
Di museum itu terdapat patung Marley memegang gitar. Ada pula gitar peninggalan Marley. Beberapa foto menampilkan Marley saat manggung, bahkan ada juga foto janda Marley, Rita Marley bersama dua putranya: Ziggy dan Stephen Marley.

0 komentar:

Posting Komentar